KPU Pesawaran Lempar Bacaleg Bermasalah Ke Partai Asalnya

PESAWARAN-(PeNa), Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Kabupaten Pesawaran Amin Udin melempar persoalan kaitan bakal calon legislatif (bacaleg) atas nama Masrirozi kepada Partai PAN Pesawaran.
Menurutnya, KPU Pesawaran tidak memiliki wewenang melarang hak politik seseorang sebelum ditetapkan bersalah oleh pengadilan. “Kalau soal bacaleg yang tersandung persoalan hukum, tentunya bukan ranah KPU. Karena KPU tidak boleh melarang hak politik seseorang, selagi yang bersangkutan bukan terpidana korupsi, narkoba dan pencabulan, ” kata dia melalui sambungan telepon genggamnya, Selasa (4/9).
Diterangkan, soal bacaleg dari partai PAN yang sedang menjalani proses hukum dengan perkara illegal logging di Polres Pesawaran merupakan wewenang partai PAN. “Statusnya yang bersangkutan masih sebagai bacaleg, terkait persoalan hukum yang sedang dijalani merupakan wewenang partai PAN tempatnya berasal, ” terang dia.
Menyikapi hal tersebut, Ketua DPD PAN Kabupaten Pesawaran Paisaludin mengatakan bahwa tidak ada upaya untuk mengganti bacaleg yang sedang bermasalah. “Kita tetap melanjutkan pencalonan yang bersangkutan, kecuali prosesnya sudah memiliki penetapan dari pengadilan. Namun, ketika nantinya masuk di Daftar Calon Tetap (DCT) ada kemungkinan kita lakukan pergantian. Yang jelas kita ikuti proses hukumnya dulu, baru nanti kita ambil sikap, ” ungkap dia.
Diketahui, bacaleg atas nama Masrirozi dengan nomor urut 8 dari daerah pemilihan Kecamatan Kedondong dan Kecamatan Gedong Tataan yang diusung partai PAN sedang ditahan kepolisian dengan sangkaan sebagai pelaku illegal logging.
Bacaleg tersebut dikenakan pasal 83 ayat (1) huruf b atau ayat (2) huruf B jo pasal 12 huruf e jo pasal 87 ayat 1(huruf) a UU RI No 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan. Dengan ancaman hukuman sedikitnya satu tahun penjara dan paling lama lima tahun penjara. PeNa-spt.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *