Pos Kesehatan Siaga Di MTQ Ke-45 Pesawaran

PESAWARAN (PeNa)-Jelang pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ)  Tingkat Provinsi Lampung ke-45 di Kabupaten Pesawaran, persiapan terus dikebut. Salah satunya, Dinas Kesehatan Kabupaten setempat yang menempatkan satu medis dan dua paramedis disetiap pos dalam kegiatan tersebut.

Pos kesehatan yang melayani pertolongan pertama ketika ada peserta atau panitia maupun pengunjung yang mengalami gangguan kesehatan dibuat sebanyak 12 pos. Masing-masing dilengkapi dengan peralatan medis dan dokter yang berjaga. “Dinas kesehatan telah menyiapkan 12 pos. Masing-masing dilengkapi medis dan paramedis serta peralatan yang menunjang, ” kata Kepala Dinas Kesehatan, Harun Tri Joko, Kamis (20/4).

Dijelaskan, selain peralatan dan tim medis, kendaraan ambulan juga dipersiapkan. Baik yang standby maupun ambulan yang mobile. “Selain pos kesehatan dan tim medis, kendaraan ambulan juga telah kita siapkan. Baik yang standby maupun yang mobile, sehingga bisa lebih cepat dalam menangani pelayanan pertolongan pertama, ” jelas dia.

Hingga waktu sekarang, pos kesehatan baru menangani satu orang pasien dari anggota Paskibratada yang menurun kesehatannya. “Sampai hari ini, baru tadi tim kesehatan melakukan pertolongan pada salah satu anggota paskibratada yang menurun kesehatannya. Dimungkinkan kelelahan karena tiga hari terakhir terus menerus berlatih dengan terik matahari yang cukup panas. Alkhamdulillah, sudah pulih kembali, ” ungkap dia.

Peralatan,tegas dia, disiapkan selengkap mungkin. Seperti tabung oksigen yang dibutuhkan penderita sakit jantung maupun yang mengalami gangguan pada pernafasan.”Peralatan kita sangat lengkap, pokoknya ketika ada yang membutuhkan pertolongan pertama, kita tidak kuatir. Terutama bagi penderita sakit jantung dan gangguan pernafasan, kami sudah siapkan oksigen untuk pertolongan pertamanya, ” tegas dia.

Fasiltas pelayanan kesehatan yang disediakan meliputi RSUD Pesawaran, RSUD GMC, Klinik Rawat Inap As-Shofa, Klinik Rawat Inap Permata Bunda, Klinik Rawat Jalan Ali Medika, Puskesmas se-Pesawaran. Sumber daya kesehatan yang disediakan meliputi 12 tanaga dokter dan 24 tenaga perawat yang berada di 12 pos kesehatan.

Sedangkan untuk rumah sakit rujukan Dinas Kesehatan menyediakan dua lokasi yakni RSUD Pesawaran dan RSUD GMC dengan 3 ambulan dan 9 pusling. Dalam kegiatan kali ini juga melibatkan beberapa organisasi kesehatan seperti IDI Kabupaten Pesawaran, DPD PPNI, IBI, HAKLI dan Persagi. PeNa-spt.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.