PT So Good Pesawaran Ditinjau Satgas Pangan

BANDARLAMPUNG-(PeNa),Tim Satgas Pangan Provinsi Lampung, tinjau PT So Good di Jalan Raya Negeri Sakti, Gedongtataan Kabupaten Pesawaran, Lampung, pada, pada Rabu (23/5) siang.
Pantauan Pelitanusantara.co.id di PT SO Good, Tim Satgas Provinsi mendapatkan penjelasan tentang perbedaan kualitas daging ayam potong yang tidak higienis dengan higienis dari Agus yang mewakili perusahaan tersebut.
“Ayam potong yang dijual dipasar tradisional, dipastikan tidak berprotein atau bergizi lagi. Bisa dibilang daging ayam yang dimakan hanya tinggal ampasnya saja, karena protein atau gizinya sudah diserap oleh bakteri,” kata Agus.
Menurut Agus, setelah bertahun-tahun pihak SO Good melakukan survey, ayam potong yang di jual di Pasar Tradisional tidak higienis karena tidak jelas dimana dan bagaimana proses pemotongan ayam hingga ayam di jual. Tidak hanya itu, suhu dan lamanya waktu sejak dipotongnya ayam, pengiriman ke Pasar Tradisional, dibeli konsumen kemudian memasak daging ayam, yang dibeli dipasar tradisional diperlukan waktu 5 jam lebih,
Perlu diketahui, untuk mencegah agar bakteri tidak cepat berkembang pada daging ayam yang sudah dipotong suhunya 5 derajat kebawah. Sedangkan daging ayam yang dijual di pasar Tradisonal suhunya bisa mencapai 20 derajat,
Suhu diatas 5 derajat, bisa dipastikan bakteri akan cepat berkembang biak menjadi banyak dan menghabiskan protein atau gizi pada daging ayam yang dibeli masyarakat.
“Itulah perbedaan kualitas daging ayam yang dipotong dan diproses secara higienis (daging ayam bukan ampas) dengan daging ayam yang dipotong dan diproses dengan cara tidak higienis (daging ayam ampas).Ada cara yang bisa digunakan oleh para pedagang, daging ayam potong dipasar tradisonal yaitu, potong ayam ditempat yang higienis berlebel halal, gunakan es untuk menjaga suhu daging ayam dari sejak di potong hingga dijual di pasar tradisional,” ungkapnya.
Setelah memberikan penjelasan, pihak PT So Good mengajak Tim Satgas Pangan Provinsi meninjau tempat pemotongan ayam, tempat pembersihan bulu dan jeroan ayam, tempat pendinginan, hingga mempaking daging ayam potong. Seluruh tempat yang ditinjau dibatasi dengan kaca untuk menjaga suhu dan mensterilkan lokasi. PeNa-obi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *