Sambut HUT Bhayangkara Ke-76, Kapolres Pesawaran Lakukan Donor Darah

P E S A W A R A N – (PeNa), Sambut Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-76, Kapolres Pesawaran AKBP Pratomo Widodo bersama jajaran lakukan donor darah Di Aula Pamor Persada Polres Pesawaran Polda Lampung, Selasa (07/06/2022).

Rangkaian kegiatan bhakti sosial tersebut dilaksanakan bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Lampung dan Kabupaten Pesawaran serta Pemerintah daerah setempat.

Kemudian jajaran yang dimaksud adalah Wakapolres Kompol Muhammad Riza serta Para Pejabat Utama (PJU) Polres Pesawaran, Para Perwira dan Bintara Polres dan Polsek jajaran serta sejumlah Ibu-ibu Bhayangkari Cabang Pesawaran.

Selain dalam rangka HUT Bhayangkara, kegiatan bhakti sosial dengan donor darah juga bertujuan untuk menanamkan kepada anggota Polres Pesawaran agar dapat memberikan sumbangsihnya dalam hal kebutuhan pasokan darah mengingat darah merupakan bagian penting dari tubuh manusia.

“Saya berharap kegiatan donor darah dapat membantu ketersediaan darah di PMI Kabupaten Pesawaran, dengan demikian giat donor darah ini dapat membantu masyarakat yang sedang membutuhkan darah,” kata dia.

Diterangkan, pelaksanaan donor darah juga dilakukan dengan pemeriksaan kesehatan secara ketat terhadap calon pendonor sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) guna meminimalisir hal hal yang tidak diinginkan.

“Pelaksanaan kegiatan bhakti sosial donor darah tersebut itu dilakukan melalui proses assesmen medis yang ketat dan tidak semua anggota dapat melaksanakan donor darah sebab bergantung pada kelayakan atau kondisi fisik kesehatan dari masing-masing anggota. Tentu sebelum donor darah, terlebih dahulu diperiksa kondisi kesehatan dengan ketat apalagi seperti kondisi saat pandemi ini,” terang dia.

Melengkapinya, Ps. Kasi Dokkes Polres Pesawaran dr. Ratna Minanda Fitryani selaku Ketua Seksi Bhakti Kesehatan Donor Darah mengatakan kegiatan tersebut sangat membantu pemerintah setempat melalui PMI Kabupaten Pesawaran yang selalu membutuhkan stok darah guna menjamin ketersedian darah bagi pasien dalam proses perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Pesawaran.

“Target donor darah kami hari ini sekitar 83 kantong, yang terdiri dari semua jenis golongan darah, baik golongan darah A, B, AB, dan O, semoga bermanfaat, ” kata dia.

Untuk diketahui, menyambut perayaan HUT Bhayangkara ke-76 dengan tema, “Polri yang Presisi mendukung pemulihan Ekonomi dan Reformasi struktural untuk mewujudkan Indonesia tangguh-Indonesia maju”, Polres Pesawaran telah melakukannya dengan berbagai rangkaian kegiatan bhakti sosial, pertandingan olah raga, perlombaan karya tulis, photograpy dan sejumlah kagiatan lainnya.

 

Oleh: sapto firmansis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.