Caleg Diminta Patuh Hukum Dan Taat Pada Peraturan

PESAWARAN-(PeNa), Polres Pesawaran meminta kepada calon legislatif untuk patuh hukum dan taat pada peraturan. Demikian terungkap pada sosialisasi tata cara kampanye dan pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) Pemilu 2019 di sebuah Rumah Makan di Gedong Tataan, Sabtu (03/11).
Kapolres Pesawaran AKBP Popon Ardianto Sunggoro yang diwakili oleh Kasat Intelkam Polres Pesawaran Iptu Sukoco mengatakan bahwa kegiatan kampanye secara keseluruhan telah di atur dalam undang undang KPU. “Menjadilah calon legislator yang patuh hukum dan taat pada peraturan karena para legislator adalah calon perumus Undang Undang dan akan lebih baik bila sebelum merumuskan Undang undang para legislator dapat membentuk kepatuhan diri, ” kata dia.
Menurutnya, kegiatan sosialisasi tersebut dapat memberikan gambaran dan sosialisasi kampanye dan Pemasangan APK tanpa pelanggaran. “Jajaran Polres Pesawaran baru tahun ini bisa ikut menyelenggarakan kegiatan pemilu. Polres Pesawaran dalam hal ini mengamankan kegiatan kampanye dengan 80 personil, ” ujar dia.
Diterangkan, ada tiga prinsip dasar dalam pelaksanaan kampanye yakni semangat kebersamaan dan tanggung jawab. Mengingat hal ini merupakan hajat nasional dikarenakan kepentingan yang kita capai yakni kepentingan nasional.
“Lalu, Prinsip keterbukaan dan kesetaraan yakni kami sebagai petugas pengamanan dan tidak akan pilih pilih dan akan memberlakukan sama, adil, dan prinsip yang ketiga yakni prinsip aman dan tepat waktu yakni semua aturan yang dimaksud dapat dipatuhi dan dilaksanakan, ” terang dia.
Ditegaskan, kepada tim pemenangan tidak pelit informasi mengenai rencana kegiatan baik pemasangan APK dan kampanye. ” Berkoordinasi dengan tim kampanye dari masing-masing parpol kemudian secara administrasi dilengkapi dan di penuhi dari kami akan melengkapi dengan STTP, ” tegas dia.
Intinya, kepolisian akan melakukan tindakan tegas manakala kegiatan kampanye dilakukan tanpa pemberitahuan sebelumnya. “Jika administrasi tidak memenuhi maka bawaslu akan mengajak kami  membubarkan kegiatan kampanye. Pemberitahuan melalui surat resmi yang harus dilayangkan kepada kepolisian dengan mencantumkan nama calon, ketua tim, alamat, penanggungjawab (ketua DPD), waktu, tempat, jumlah peserta, jurkam, alat peraga dan nanti ada form yang akan diisi di administrasi tersebut,” tambahnya.
Terpantau, kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua DPC PDIP Kabupaten Pesawaran M. Nasir, Wakil Bupati Pesawaran Eriawan, Wakil Ketua DPD PDIP Provinsi Lampung Mukhlis Basri, Anggota DPRD Provinsi Lampung Watoni Nurdin,  Calon Anggota DPRD Provinsi Lampung Nurhasanah, Sekretaris DPC PDIP kabupaten Pesawaran Sucipto, Bendahara PDIP Kabupaten Pesawaran Siti Uswatun, Wakil Ketua Bapilu PDIP Kabupaten Pesawaran Arya Guna.
Selain itu, nampak hadir juga Komisioner Bawaslu Kabupaten Pesawaran Riswanto, 43 calon anggota legislatif Kabupaten Pesawaran, 20 Caleg DPRD Provinsi Lampung dan Caleg dari DPR RI, Ketua, Sekretaris dan Bendahara PAC Se Kabupaten Pesawaran, Pengurus DPC PDI Perjuangan Kabupaten Pesawaran dan 100 Orang Kader PDIP. PeNa-spt.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *