Untuk Bayi Kecanduan Narkoba, Sentuhan Fisik Jadi Hal Penting

 Bayi bisa terlahir dengan kondisi kecanduan narkoba bila ibunya terpapar zat-zat berbahaya tersebut ketika mengandung atau menyusui. Bayi yang sudah kecanduan kesehatannya akan menjadi lebih rentan ketika tak mendapat asupan zatnya.

Terkait dengan hal tersebut studi melihat bahwa bayi-bayi yang kecanduan dapat lebih mudah direhabilitasi bila mendapat kenyamanan lewat sentuhan fisik.

Maryann Malloy dari unit neonatal Einstein Medical Center mengatakan sentuhan dan suara yang menenangkan dapat meringankan rasa sakit ketika para bayi melawan gejala putus obat. Gejalanya beragam tergantung dari paparan zatnya bisa mulai dari menangis berlebih, demam, rewel, napas cepat, berkeringat, sulit tidur, muntah-muntah, dan kejang.

“Bayi butuh bisa merasakan cinta, sentuhan manusia dan suara-suara halus dapat menenangkan mereka ketika sedang meresa sakit,” kata Maryann seperti dikutip dari BBC, Kamis (26/1/2017).

Maryann mengatakan di tempatnya bekerja ada petugas khusus untuk menggendong dan menenangkan para bayi yang kecanduan. Alasannya karena pada sebagian besar kasus kemungkinan orang tuanya juga sedang menjalani program rehabilitasi sehingga memiliki waktu lebih sedikit untuk bersama bayi.

“Sebuah perasaan tidak berdaya muncul ketika bayi menangis tanpa henti… Para petugas kami membantu sehinga bayi-bayi ini tidak sampai pada tahap itu. Begitu akan menangis petugas langsung memeluk mereka,” kata Maryann.

Seberapa lama bayi butuh direhabilitasi tergantung dari seberapa parah paparan zat yang terjadi. Satu hal yang bisa jadi tanda positif rehabilitasi berhasil adalah bila mulai terlihat peningkatan berat badan yang proporsional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *